Teknologi dan Tingkat Layanan untuk Kemajuan Marketplace Anda

Online shopping. purchase, payment and delivery 3d infographics Free Vector

Seperti yang kita ketahui saat ini sangat banyak kompetitor marketplace, sehingga metode dan tips singkat ini sangat penting untuk meningkatkan kemjuan marketplace Anda.

Teknologi apa yang harus kita gunakan?
Saat memilih teknologi Anda, kriteria yang akan Anda cari di Marketplace digital hampir sama dengan bisnis online atau proyek transformasi digital lainnya:

  • Bangun MVP secepat mungkin
  • Pastikan waktu muat cepat dan waktu henti minimal
  • Lindungi data pelanggan dan mitra di semua tahap
  • Menjauhlah dari sistem monolitik sehingga Anda dapat dengan mudah menambah dan meningkatkan fitur
  • Dibuat untuk pengguna seluler dan desktop sejak awal

    Marketplace digital adalah sistem kompleks yang digunakan oleh mungkin ratusan mitra pihak ketiga dengan katalog yang mencakup mungkin jutaan varian produk. Jika berhasil, Marketplace digital Anda juga harus menangani ratusan, bahkan ribuan, pesanan dalam satu waktu (rekor ditetapkan oleh Alibaba pada November 2019 dengan 12.000 pesanan per detik!). Sederhananya, arsitektur monolitik lama tidak akan berhasil dalam jangka panjang. Anda perlu memikirkan tentang cara membuat arsitektur layanan mikro tanpa kepala yang juga menawarkan pengalaman seluler yang luar biasa melalui PWA karena semakin banyak pengguna yang beralih ke perangkat seluler. Namun, membangun semua fitur ini dari awal akan memakan waktu dan membebani anggaran Anda. Kebanyakan perusahaan biasanya memilih untuk mengubah eCommerce mereka yang sudah ada menjadi Marketplace dengan mapan.

Tingkat layanan pelanggan apa yang perlu kami berikan?
Marketplace digital Anda perlu menawarkan layanan pelanggan yang sama atau lebih baik daripada toko online atau fisik lainnya. Itu berarti bahwa pertanyaan perlu dijawab, pengembalian dan pengembalian uang harus mudah bagi pelanggan, dan semuanya harus dilakukan tepat waktu. Namun, Marketplace digital menghadapi tantangan khusus yang tidak dihadapi toko eCommerce online biasa. Pelanggan akhir membeli dari vendor pihak ketiga yang bertanggung jawab atas kualitas barang yang mereka kirim (dan seringkali untuk pengiriman itu sendiri jika Anda tidak menyimpan produk pihak ketiga). Oleh karena itu, sebagai pemilik Marketplace digital, Anda mungkin tidak memiliki bagian dalam transaksi … tetapi jika pelanggan memiliki pengalaman negatif, mereka akan mengaitkannya dengan Marketplace digital Anda dan memberi tahu orang lain.

Untuk memastikan bahwa Anda memberikan tingkat layanan yang diharapkan pelanggan, ada tiga hal yang perlu Anda lakukan:

Bersikaplah transparan. Perjelas kepada pelanggan jika mereka membeli langsung dari Anda atau dari pihak ketiga, dan siapa yang bertanggung jawab atas layanan pelanggan dalam setiap kasus
Tersedia. Pastikan pelanggan memiliki akses langsung ke vendor pihak ketiga, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan spesifik, tetapi juga memiliki tim layanan pelanggan yang mengetahui sebanyak mungkin tentang semua vendor dan produk Anda. Tidak ada yang boleh menelepon dan diberi tahu “Kami tidak tahu apa-apa, mereka hanya menjual di situs kami”.
Pertahankan standar. Jika memungkinkan, lakukan uji tuntas pada vendor dan produk mereka sebelum Anda mengizinkan mereka bergabung dengan Marketplace digital Anda. Pastikan barang yang ditawarkan memiliki kualitas yang sama dengan produk Anda sendiri. Biarkan pelanggan menilai vendor pihak ketiga dan kemudian menggunakan informasi itu. Jika vendor berada di bawah peringkat tertentu, Anda perlu mendiskusikan kinerja mereka, memberi mereka peringatan, dan menghapus mereka dari mitra Anda jika mereka tidak meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *