Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik

Anda bisa mempelajari contoh surat pengunduran diri agar memberi kesan baik dan tetap menghormati atasan saat mengundurkan diri dari instansi atau perusahaan. Dalam dunia kerja, ada kalanya kita ingin mengundurkan diri. Alasannya juga beragam, bisa karena atasan yang tidak sejalan, gaji yang kecil hingga keperluan lainnya.

www.suratresmi.net

Saat mengundurkan diri, ada baiknya menghormati atasan yang sudah memberi pekerjaan. Caranya dengan menulis surat pengunduran diri. Sesuai namanya, surat ini dibuat pekerja dan ditujukan kepada atasan karena ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Surat ini termasuk formal sehingga memakai bahasa resmi. Selain itu ada beberapa unsur seperti berikut:

  1. Awal surat harus ada “kepada Yth”
  2. Identitas penulis yang meliputi nama lengkap, lama bekerja dan juga jabatan
  3. Alasan logis kenapa ingin mengundurkan diri
  4. Akhirannya harus ada ucapan terima kasih
  5. Bisa juga dibubuhi dengan tanda tangan yang sudah bermaterai

Meskipun surat pengunduran diri termasuk surat formal, tapi biasanya surat ini lebih baik ditulis tangan dibanding diketik. Tujuannya agar menambah sopan kepada atasan yang sudah memberi pekerjaan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Surat Pengunduran Diri

Sebelum membahas seputar contoh surat pengunduran diri, ada baiknya Anda tahu beberapa hal penting saat membuat surat pengunduran diri. Tujuannya agar surat yang dibuat makin formal dan resmi sehingga atasan tidak tersinggung saat Anda mengundurkan diri. Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan:

  1. Awali surat pengunduran diri dengan penghormatan kepada atasan. Anda bisa menggunakan Kepada Yth untuk awalan surat pengunduran diri tersebut
  2. Pastikan isi surat yang ditulis juga harus padat dan singkat. Gunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele.
  3. Jangan pernah membuat surat pengunduran diri yang memberi kesan buruk kepada perusahaan. Ingat, jika Anda membutuhkan pekerjaan dan ingin melamar di instansi ini lagi, Anda tidak akan canggung.
  4. Sertakan alasan pengunduran diri yang logis dengan menggunakan bahasa yang jelas
  5. Ucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk pekerjaan yang sudah diberikan selama ini
  6. Ada baiknya menambahkan kata kenang-kenangan untuk upacan terima kasih

Itu contoh surat pengunduran diri yang baik. Bagi yang menggunakan etika yang telah disebutkan di atas, perusahaan bisa melihat Anda adalah seorang yang baik. ini tentu berdampak juga untuk pekerjaan baru yang sedang Anda geluti. Jadi usahakan yang terbaik meskipun tidak lagi bekerja di instansi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *